Friday, February 15, 2008

Penelitian tindakanan kelas (PTK)

PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
UNTUK GURU, DAN KEPALA SEKOLAH

PERSYARATAN PENELITIAN OLEH GURU
• HARUS TERLIHAT UPAYA PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN
• HARUS MENGENAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN MUTU SISWA, jadi SUBJEKNYA HARUS SISWA
• HARUS DILAKUKAN SENDIRI, BUKAN MINTA BANTUAN ORANG / PIHAK LAIN


ALUR PENALARAN DALAM KARYA ILMIAH

MASALAH ---------------------------- TUJUAN



TEORI PEMBAHASAN



IDE / GAGASAN SENDIRI

KESIMPULAN --------- DILAKSANAKAN
MELALUI PENE-
LITIAN TINDAKAN
PRINSIP PERENCANAAN

- S = Specific, khusus, tertentu
- M = Managable, dapat dilaksanakan
- A = Acceptable, dapat diterima
- R = Realistic, terdukung sumber daya
- T = Time-bound, ada batasan waktu

HAL-HAL PENTING DALAM ALUR PENALARAN

1. Masalah: sebagai alasan ada bukti data / fakta lapangan; akan lebih jelas apabila dilengkapi tabel atau bagan.
2. Tujuan: target secara spefisifk yang ingin dicapai melalui penulisan ini.
3. Teori: sekurang-kurangnya 5 (lima) sumber;
* bukan pedoman / acuan / ketentuan dari SK
* bukan kamus tetapi - konsep (pengertian)
- prinsip (hubungan sebab-akibat)
* dipilih terbitan mutakhir
* tertera dalam daftar pustaka
* nama orang ditulis tanpa gelar; orang Indonesia namanya tidak dibalik (?)

4. Pembahasan: menghubungkan antara teori dengan masalah ---- menerapkan teori untuk memecahkan masalah, tetapi mungkin dapat didukung data untuk masalah yang akan dipecahkan.
5. Ide atau gagasan asli penulis:
a. bukan kutipan dari teori
b. bukan ide yang terlalu umum/sudah banyak dikenal
tetapi
Ide / gagasan cemerlang, khusus dari penulis
a. Ikuti rumus Smart
b. Untuk meyakinkan, berikan gambaran tentang kondisi
dan situasi kelas yang masalahnya akan dipecahkan.

IDE /GAGASAN DAN SIMPULAN

1. TIDAK DILAKSANAKAN ---- menjadi KARYA TULIS TINJAUAN

2. DILAKSANAKAN ---- menjadi PENELITIAN TINDAKAN

PENELITIAN TINDAKAN:

- MERUPAKAN KEGIATAN TINDAKAN PERBAIKAN
- DIGARAP SECARA SISTEMIK UNTUK MENINGKATKAN YANG SUDAH ADA
- BUKAN berpijak TEORITIK TETAPI PADA KONDISI lapangan

MODEL PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Refleksi
Refleksi

Pelaksanaan
Pengamatan
Perencanaan
Pelaksanaan
Pengamatan
Perencanaan
SIKLUS I
SIKLUS II
?

CIRI-CIRI PENELITIAN TINDAKAN

1. MERUPAKAN KEGIATAN NYATA, HASIL PEMIKIRAN YANG DIRANCANG GURU UNTUK MENINGKATKAN MUTU KBM
2. MERUPAKAN TINDAKAN YANG DIBERIKAN OLEH GURU KEPADA SISWA
3. TINDAKAN HARUS TAMPAK NYATA BERBEDA DARI BIASANYA – HARUS TIDAK SEPERTI BIASANYA
4. TERJADI DALAM SIKLUS SEPERTI EKSPERIMEN, TETAPI BERKESINAMBUNGAN; MINIMUM DUA SIKLUS
5. HARUS ADA PEDOMAN YANG JELAS SECARA TERTULIS, DIBERIKAN KEPADA SISWA AGAR DAPAT MENGIKUTI TAHAP DEMI TAHAP.
6. TERLIHAT ADANYA UNJUK KERJA SISWA SESUAI PEDOMAN TERTULIS YANG DIBERIKAN OLEH GURU
7. ADA PENELUSURAN TERHADAP PROSES, DENGAN PEDOMAN PENGAMATAN YANG SUDAH DISIAPKAN
8. ADA EVALUASI TERHADAP HASIL DENGAN INSTRUMEN YANG RELEVAN
9. KEBERHASILAN TINDAKAN DILAKUKAN DALAM BENTUK REFLEKSI, DAPAT MELIBATKAN SISWA YANG DIKENAI TINDAKAN
10. HASIL REFLEKSI HARUS TERLIHAT DALAM PERENCANAAN SIKLUS BERIKUTNYA

PENELITIAN TINDAKAN

1. BUKAN TINDAKAN UNTUK MATERI TETAPI MENCOBAKAN CARA, PENDEKATAN ATAU METODE

2. UTAMAKAN PADA PROSES TINDAK DAN HASIL AKHIR.


KESALAHAN UMUM APA YANG BANYAK DILAKUKAN GURU?

1. HANYA PEMBELAJARAN BIASA
PENJELASAN:
GURU MERASA SUDAH MELAKUKAN PENINGKATAN, PADAHAL SEBETULNYA BARU MERUPAKAN HAL YANG BIASA / HARUS DILAKUKAN, TETAPI SELAMA INI GURU BELUM MELAKUKAN (???)

CONTOH:
1. MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA
2. MENGGUNAKAN ALAT PELAJARAN
3. MENGEVALUASI ASPEK AFEKTIF
4. MENGANALISIS PORTOFOLIO
5. MENGANALISIS HASIL ULANGAN

2. PENELITIAN TINDAKAN BUKAN EKSPERIMEN KOMPARASI

APA MAKSUDNYA?

LETAK TITIK-TITIK KRUSIAL
1. PADA PERENCANAAN SIKLUS KE-1
a. ikuti rumus SMART
b. baru rencana siklus ke-1 saja
c. ada pedoman tertulis

2. PADA PELAKSANAAN
a. dijelaskan langkah-langkahnya
b. utamakan kegiatan yang dilakukan oleh siswa.

3. PENGAMATAN:
a. dijelaskan, apa yang dilakukan
b. kapan – berapa lama
c. instrumennya apa

4. REFLEKSI
a. siswa dilibatkan
b. pendapat digali dengan apa?
c. ada kesimpulan


CONTOH JUDUL PTK

• PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA
• PENGGUNAAN MULTIMEDIA DALAM PENINGKATAN KONSEP DAN PEMECAHAN MASALAH
• MENINGKATKAN MINAT SISWA MELALUI PORTOFOLIO
• MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MENERAPKAN METODE KOOPERATIF JIGSAW
• LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR


Penelitian Tindakan Kelas
- Penelitian tindakan khusus
- Dilakukan tindakan berikutnya
- Agar didapat informasi yang mantap thd dampak tindakan
- Dicermati proses dan akibat tindakan

PRINSIP PTK
1. Tidak menganggu komitmen guru sebgai pengajar
2. Pengumpulan data tidak menuntut waktu berlebihan sehingga menganggu PBM.
3. Metodologi yang digunakan taat azas PTK.
4. Masalahnya muncul dari pengajar yang paling merisaukan.
5. Konsisten dan peduli terhadap prosedur dgn tugas
6. Tidak mengenal kelompok eksperimen dan kontrol

PTK TINDAKAN KELAS

Dilakukan GURU

Meningkatkan
Praktek
Pembelajarannya
(1) Rencana
(2) Tindakan
(4) Refleksi Evaluasi
(3) pengamatan, Analisis Hasil


KARAKTERISTIK PTK
Permasalahan praktis di klasKolaborasi sesama penelitiAda upaya perbaikan/peningkatanEfektivitas metode/teknik/prosesTidak untuk digeneralisasikanTidak perlu populasi dan sampel


Langkah PTK
Identifikasi dan analisis masalah (apa, mengapa, bagaimana?)Merumuskan Masalah hub.variabelnya jelasdan dpt diuji.Merumuskan tindakan (altenatif, pilih, cara pengujiannya)Melaksanakan Tindakan (rencana, lakukan, amati hasil)Melakukan Refleksi (analisis, tarikkesimpulan untuk tindakan berikutnya…)

Menyusun Usulan Penelitian
Kegiatan awal membuat KTI

Judul Penelitian PT
A. Pendahuluan
1. Latar belak masalah,
2. Rumusan masalah,
3. Tujuan
4. Manfaat
5. Cara pemech
masalah

B Landasan teori/Pustaka
C. Metode Penelitian/ Prosedur penelitian
FORMAT USULAN PTK

PENDAHULUAN
n LATAR BELAKANG MASALAH, KONDISI NYATA DI KELAS
n RUMUSAN MASALAH
n TUJUAN PENELITIAN
n MANFAAT PENELITIAN
n CARA PEMECAHAN MASALAH

CONTOH JUDUL PTK:
MENINGKATKAN MINAT BELAJAR TERHADAP PELAJARAN IPS MELALUI DISKUSI PARTISIPATIF PADA SISWA KLAS II SMP

RUMUSAN MASALAH:
= APAKAH DISKUSI DAPAT MENDORONG SISWA BELAJAR LEBIH BERSEMANGAT
= APAKH SISWA BERPIKIR KERAS DALAM BICARA WAKTU MENDAPAT GILIRAN
= APAKH SISWA DAPAT MENGUASAI MATERI DGN BAIK SETELAH MENGIKUTI METODE DISKUSI PARTISIPATIF
= BAGAIMANA PERKEMBANGAN MINAT SISWA TERHADAP METODE DISKUSI PATISIPATIF

PENELITIAN INI BERTUJUAN UNTUK MENGETAHUI:
n SEMANGAT SISWA MENGIKUTI PELAJARAN IPS
n SEBERAPA BESAR KESUNGGUHAN SISWA BERPIKIR WAKTU MENDAPAT GILIRAN
n PENINGKATAN HAIL PENGUASAAN SISWA TERHADAP MATERI PELAJ.IPS
n TINGKAT MINAT SISWA TERHADAP PELAJARAN IPS

KAJIAN PUSTAKA
n KEMUKAKAN TEORI YG BERKAITAN DGN MASALAH YANG DITELITI (motivasi belajar & diskusi partisip)
n TUNJUKAN ADANYA HUBUNGAN ANTARA masalah DAN tindakan YG akan DILAKUKAN
n BUKAN HANYA PENJELASAN TTG PENGERTIAN TENTANG TEORI SAJA
n DIAKHIRI DGN HIPOTESIS TINDAKN

METODE PENELITIAN
n KEMUKAKAN SETTING PENELITIAN
n JUMLAH SIKLUS dan URAIKAN TAHAP PADA SETIAP SIKLUS (PERENCANAAN, PELAKSANAAN, OBSERVASI, DAN REFLEKSINYA)
n KEMUKAKAN TINDAKAN YG DILAKU- KAN GURU DAN APA SISWANYA
n INSTRUMEN YANG DIGUNAKAN

HIPOTESIS PTK
n MAKNA : TINDAKAN DILAKSANAKAN UNTUK PEMECAHAN MASALAH
SEBAGAI UPAYA ADANYA PERUBAHAN/PERBAIKAN
n BENTUK : TINDAKAN DILAKSNK DAMPAK PERBAIKAN

n CONTOH : JIKA KEGIATAN DISKUSI PARTISIPATIF DIOPTIMALKAN, MAKA MINAT BELAJAR SISWA AKAN MENINGKAT SECARA MEYAKINKAN.

KELEMAHAN UMUM
n JUDUL TIDAK MENGGAMBARKAN PTK
n CARA PEMECAHAN MASALAH TIDAK JELAS
n EKSPERIMEN/UJI COBA DILAKUKAN
n KEGIATAN TIAP SIKLUS TIDAK TERGAMBAR TAHAPANNYA.
n WAKTU PENELITIAN TIDAK SESUAI

MENYUSUN LAPORAN
n BAGIAN DALAM LAPORAN :
A. BAGIAN AWAL BERISI:
= HALAMAN JUDUL
= HALAMAN PENGESAHAN
= KATA PENGANTAR
= DAFTAR ISI
= DAFTAR LAMPIRAN

B. BAGIAN INTI BERISI:

BAB I : PENDAHULUAN
BAB II : KAJIAN TEORI & PUSTAKA
BAB III: METODE PENELITIAN
BAB IV: HASIL DAN PEMBAHSAN
BAB V : SIMPULAN DAN SARAN

C. BAGIAN PENUNJANG
n DAFTAR PUSTAKA
n LAMPIRAN – LAMPIRAN:
PROGRAM PEMBELAJARAN
INSTRUMEN PENELITIAN
HASIL KERJA SISWA (SAMPEL)
DAFTAR HADIR SISWA
FOTO KEGIATAN

INDIKATOR YANG DIPERLUKANPADA LAPORAN PTK
n ABSTRAK (MAKS. 200 KATA)
n PENDAHULUAN LATAR BELAKANG: MASALAH NYATA RUMUSAN MASALAH: SPESIFIK, ADA TUJUAN DAN MANFAAT
n KAJIAN PUSTAKA: MEMUAT KAJIAN TEORI MEMUAT TEMUAN HASIL PENELITIAN KERANGKA BERPIKIR ARGUMENT
n METODOLOGI KEJELASAN TINDAKAN YANG DILAKUKAN SERTA TAHAPAN PADA SETIAP SIKLUS TEKNIK PENGAMBILAN DATA DENGAN INSTRUMEN RELEVAN
n HASIL DAN PEMBAHASAN GAMBARAN UMUM KONDISI KLAS, TEMUAN DARI SIKLUS KE SIKLUS DGN GAMBARAN ASPEK-ASPEK PERUBAHAN
· KEMUKAKAN PERUBAHAN YANG TERJADI SELAMA PROSES TINDAKAN BERLANGSUNG. (KEDISIPLINAN SISWA, KONDISI KELAS, KEBERANIAN SISWA MENGAJUKAN PENDAPAT, PRESTASI SISWA DSB)
· PEMBAHASAN (RANGKUMAN DARI SELURUH SIKLUS) AKAN LEBIH BAIK DIBANTU TABEL/GRAFIK.
n SIMPULAN DAN SARAN
· SIMPULAN URAIAN TEMUAN POKOK HASIL
· SARAN YANG SESUAI DGN TEMUAN
n DAFTAR PUSTAKA PENULISAN SESUAI DGN RUJUKAN YANG DIGUNAKAN DAN PENULIAN SESUAIKAN ATURAN
n LAMPIRAN DOKUMEN YANG DIGUNAKAN DAN DIANGGAP PENTING

Bagian ISI Laporan:
1. PENDAHULUAN:
· Latar belakang masalah (kemukakan secara jelas disertai data faktual yang dijumpai di klas).
· Kemukakan penting nya masalah tersebut dipecahkan.
· Rumuskan masalahnya secara jelas
· Tujuan penelitian kemukakan secara tuntas sesuai dengan masalahnya.
· Manfaat penelitian
· Kemukakan secara jelas bagaimana cara pemecahan masalah yang akan dilakukn


2. Kajian Teori
· Jabarkan teori, konsep, atau hasil-hasil penelitian yang berhubungan dengan variabel-variabel penelitian yang dipermasalahkan.
· GUNAKAN kajian tersebut untuk menjelaskan bahwa tindakan itu dapat mengatasi masalah.
· Uraikan variabel bebas secara rinci, termasuk bagaimana cara pelaksanaan tindakan atau action yang akan dilakukan.
· Kemukakan secara jelas variabel tindakan
· dan masalah yg dipecahkan serta kemungkinan hipotesis atas tindakan tersebut.

3. Metode Penelitian
· Jabarkan rancangan penelitiannya, berapa siklus, uraikan tahapan tiap siklus, intrumen, termasuk memvalidasi
· Perlu diingat tahapan tiap siklus {ren cana, tindakan, observasi, refleksi}
· Jelaskan tindakan di tiap siklus, langkah dan hasil evaluasi-refleksi, uraian tindakan selanjutnya, dan indikator keberhasilannya

BAB IV. LAPORAN PENELITIAN

GAMBARAN SUBYEK PENELITIAN
DISKRIPSI DATA
KEMUKAKAN DATA HASIL PENELITIAN YANG MELIPUTI KONDISI KELAS, AKTIVITAS SISWA, MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR SISWA, KEDISIPLINAN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA TIAP SIKLUS
C. PEMBAHASAN
RANGKUM TIAP ASPEK DALAM SATU TABEL DAN DIBAHAS

4. HASIL PENELITIAN
n Paparkan kondisi lapangan yg diperoleh.
n Diskripsikan semua data yang didapat di tiap siklus, dan sajikan dalam tabel.
n Analisis data yg sesuai, sajikan hasilnya
n Rangkum analisis semua siklus tiap apek dlm satu tabel sehingga menjawab hipotesis serta masalahnya.
n Pada PTK diskripsikan data perubahan pada tiap siklus serta simpulkan untuk semua siklus yang dicapai.

5. SIMPULAN DAN SARAN
Tulis simpulan-simpulan hasil penelitian yang didapat, urutkan sesuai dengan rumusan masalah.
Berdasarkan hasil penelitian, tulis saran-saran yang diperlukan (bagaimana sarannya kepada siapa dengan didasarkan pada simpulan yang diperoleh)

BAGIAN PENUNJANG:
DAFTAR PUSTAKA
n LAMPIRAN:
- PROGRAM PEMBELAJARAN
- INSTRUMEN PENELIT.
- SAMPLE HASIL LB. KERJA SISWA
- FOTO KEGIATAN
- DAFTAR HADIR SISWA

CONTOH JUDUL PTK
n PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BER BASIS KERJA ILMIAH MENGGUNAKAN LOCAL MATERIAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA
n MODEL PEMECAHAN MASALAH MELALUI PENDEKATAN REALISTIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR
n MENINGKATKAN MOTIVASI RUTINITAS SHOLAT MELALUI METODE PEMAKNAAN BACAAN SHO- LAT PADA SISWA KLS 1 SMP 2 PANTI JEMBER
n MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJA- RAN KOOPERATIF METODE JIUGSAW (STUDI DI SMP 4 PURWOKERTO)
n MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMA TIKA MELALUI MODEL KONSTRUKTIVITAS PADA SISWA KLS V SD 30 KENDARI.
n MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENJASKES MELALUI PENDE- KATAN PERMAINAN DI SMPN 19 PALEMBANG.
materi kuliah PTK

TERIMA KASIH ANDA TELAH MENGUASAI MATERI INI
n SEMOGA MENUMBUHKAN SEMANGAT DALAM MEMACU PROFESI ANDA

No comments: